Tuesday, May 8, 2012

11 Trik Dalam Memimpin di Lapangan


         Lapangan adalah medan yang nyata yang harus selalu siap kita hadapi. Lapangan tidak mengenal perasaan maupun waktu. Lapangan ya Lapangan. Lapangan tidak bisa kita simulasikan dalam kelas maupun ruangan. Lapangan ya Lapangan. Ada pohonnya, ada tanahnya, ada airnya, dan sebagainya... Lapangan menuntut kita survive dan mampu bertahan menghadapi segala perubahan yang terjadi...
1.    Ketahui dirimu dan cari kelebihan-kelebihan sendiri. Manfaatkan kelebihan itu secara maksimal. Ajarkan kepada anggota kemampuan tersebut.
2.    Kuasai teknik dan taktik yang berkaitan dengan tugas-tugas yang  diemban. Siapkan dengan baik segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas.
3.    Cari tanggung jawab dan ambil tanggung jawab atas setiap kegiatan yang kalian lakukan. Untuk itu sebagai komandan kita harus selalu berhati-hati dalam setiap mengambil keputusan.
4.    Buat keputusan yang tepat dan masuk akal. Perhitungkan segala akibatnya dan sesuaikan dengan aturan yang ada.
5.    Seorang komandan harus mampu menjadi contoh dan teladan bagi anggotanya. Anggota secara langsung maupun tidak langsung akan menilai kita.
6.    Kenali anggota dan perhatikan kesejahteraannya. Jangan pernah mengambil hak yang seharusnya menjadi milik anggota.
7.    Berikan anggotamu pendidikan dan latihan untuk memelihara kemampuan. Baik kemampuan fisik, taktik maupun kemampuan lainnya.
8.    Tumbuh kembangkan rasa tanggung jawab pada anggota terhadap tugas yang sudah menjadi tanggung jawab masing-masing. Selalu berbuat yang terbaik saat melaksanakan tugas.
9.    Yakinkan dan pastikan bahwa tugas-tugas yang diberikan oleh atasan dapat dimengerti, dapat dikendalikan dan dapat dicapai. Keyakinan seperti itu harus didasari rasa percaya diri yang tinggi dan yakin terhadap kemampuan yang dimiliki. Baik kemampuan diri sendiri maupun kemampuan anggota yang kita pimpin.
10.    Latih anggota menjadi satu tim untuk memlihara kekompakan serta kerja sama yang baik dalam melaksanakan tugas.
11.    Kenali dan tempatkan unit atau anggotamu sesuai dengan kemampuannya agar setiap tugas dapat dilaksanakan dengan baik.


SUDAH SIAPKAH DIRIMU MENGHADAPI TANTANGAN??? WHO IS NEXT??

No comments:

Post a Comment